Waktu Yang Tepat Untuk Melaksanakan Ibadah Umroh

Pada bulan April, umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Isra’ Mi’raj yang jatuh pada tanggal 24 April 2017. Isra’ Mi’raj menjadi sebuah peristiwa yang penting sebab di dalamnya terdapat kisah perjalanan yang luar biasa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW bersama malaikat Jibril. Selain itu perjalanan ini juga menghasilkan perintah sholat fardhu 5 kali dalam sehari semalam dari Allah SWT kepada umat manusia.

Kisah perjalanan Isra’ Mi’raj disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan hanya semalam dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsho di Palestina lalu dari masjid tersebut naik ke Sidhratul Muntaha atau langit ke tujuh. Di sana, Nabi Muhammad SAW menerima perintah sholat 5 waktu.

Melakukan umroh pada bulan April merupakan pertimbangan terbaik sebab sambil melaksanakan ibadah umroh seperti thawaf, sai dan lain-lain, kita juga dapat merasakan suasana religius dimana banyak orang akan menghabiskan lebih banyak waktunya untuk beribadah seperti membaca Al Qur’an, berdzikir, berdoa dan lain-lain. Selain itu kita dapat berkunjung serta beribadah di dalam masjid tempat salah satu terjadinya peristiwa Isra’ Mi’raj yakni Masjidil Haram.

Pemerintah Arab Saudi memang tidak secara khusus menyelenggarakan acara peringatan Isra’ Mi’raj sebagaimana Indonesia yang sering mengadakan acara pengajian akbar dan lain-lain. Namun bukan berarti Anda tidak dapat merayakannya, Anda dapat berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW di komplek Masjid Nabawi sebagai peringatan Isra’ Mi’raj versi Anda sendiri saat berada di Madinah.

Klik : Umroh Murah 2018

Masjidil Haram memiliki keutamaan, barangsiapa beribadah di dalamnya maka akan diberikan 100.000 pahala bila dibandingkan beribadah di masjd lainnya di seluruh dunia. Maka tak heran bila umroh bulan April menjadi salah satu paket umroh yang banyak diminati oleh para calon jamaah umroh baik tua maupun muda.

Bulan April juga merupakan bulan dengan cuaca yang cukup bersahabat, tidak terlalu panas dan terlalu dingin. Curah hujan juga mulai berkurang karena akan segera memasuki musim panas. Selain beribadah, para jamaah juga dapat menikmati suasana kota Mekkah dan Madinah seperti mengunjungi bangunan bersejarah atau sekedar berjalan-jalan membeli makanan khas dan oleh-oleh.

Beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi setelah melaksanakan ibadah umroh antara lain masjid Quba, masjid Qiblatain, Padang Arafah dan Pasar Kurma.

Dengan melaksanakan ibadah umroh pada bulan April yang bersamaan dengan Isra’ Mi’raj, maka ada banyak hikmah yang akan kita peroleh, baik hikmah ibadah umroh maupun peristiwa perjalanan luar biasa tersebut. Sebelum terjadinya Isra’ Mi’raj ini, Rasulullah SAW merasa sedikit putus asa dengan seluruh halangan saat berdakwah. Sangat sulit bagi beliau untuk meyakinkan umatnya akan kebesaran Ilahi dan kebenaran ajaran Islam yang dibawa.

Dengan terjadinya peristiwa Isra’ Mi’raj ini umat Rasulullah SAW saat itu tengah diyakinkan akan kuasa Allah SWT yang tiada banding. Salah satu kekuasaannya adalah membawa malaikat Jibril dan Rasulullah SAW dalam perjalanan singkat ke tempat-tempat yang sangat berjauhan letaknya hanya dalam waktu semalam yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia biasa pada jaman itu. Dengan menyaksikan sendiri kebesaranNya, Rasulullah SAW pun kembali fokus berdakwah dan meyakinkan umatnya akan kebenaran Islam.

Para calon jamaah umroh bulan April diharapkan setelah menyaksikan sendiri Ka’bah, batu Hajar Aswad dan tempat-tempat lainnya yang disebutkan dalam Al Qur’an akan bertambah – tambah keimanannya dan makin memperbanyak ibadahnya. Selain itu sepulang dari melaksanakan ibadah umroh, para jamaah dapat menjadi manusia yang lebih baik daripada sebelumnya.

Semoga para calon jamaah umroh bulan April ini dimudahkan untuk bersegera melaksanakan ibadah umroh, dimudahkan saat pelaksanaan dan mendapatkan hikmahnya, menjadi manusia yang lebih baik daripada sebelumnya dan bermanfaat bagi sesamanya.

 

Written by adminamanasweet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *